Membuka File .ISO Dengan Windows Media Center


 

Pada postingan saya kali ini akan saya share pengalaman saya menggunakkan Windows Media Center untuk membuka file berextensi .ISO, zaman sekarang pasti sudah biasa kita membuat file ISO dari DVD, maka dalam tutorial kali ini kita diajak untuk tidak menggunakkan CD / DVD melainkan menggunakkan file mentah tersebut,memang ada software khususnya,tapi mengapa tidak menggunakan / memanfaatkan program dari Microsoft ini?
Langkah yang harus anda lakukan adalah mendownload dan install Virtual Clone Drive (http://www.slysoft.com/en/virtual-clonedrive.html). Aplikasi tersebut memungkinkan anda melakukan mounting file ISO sehingga dapat terlihat seperti sebuah Drive CD / DVD.

Selanjutnya, download dan install Mikinho Mount Image (http://mikinho.com/wmc/mount-image). Mikinho ini merupakan sebuah add-on untuk Windows Media Center yang memungkinkan file image ISO di-mount secara otomatis pada Media Center. Add-on ini mudah untuk di-install dan tersedia dalam versi 32-bit dan 64-bit.

Langkah berikutnya, pastikan Anda telah menyalin file ISO ataupun folder ber­isi file ISO yang akan Anda mainkan ke dalam Movie Library milik Media Center. Saat Anda siap menonton film dari ISO tersebut, buka Windows Media Center, pilih Movie Library, dan pilih ISO yang akan Anda tonton.

Saat Anda membuka file ISO bersangkutan, Anda akan disambut dengan pesan “Please wait while mounting disc image…”. Proses ini akan berlanjut selama beberapa detik. Proses ini dapat berjalan lebih lama bila sudah ada file ISO yang pernah di-mount sebelumnya. Setelah ISO di-mount, film akan dimainkan oleh Windows Media Center.


Setelah film selesai, Anda dapat menge­luarkan ISO image (sebenarnya Anda hanya melakukan proses unmount dari virtual drive tadi) seperti halnya Anda me­nge­luarkan disk yang telah diputar dari DVD Drive. Hal ini tidak diwajibkan, tetapi dapat mempercepat proses load pada pemutaran ISO lainnya.


Kedua aplikasi ini (Virtual Clone Drive dan Mikinho Mount Image) bekerja di belakang layar dan menempatkan diri seolah-olah sebagai feature yang sudah built-in dalam Windows Media Center. Anda tidak perlu mengonfigurasi lebih lanjut. Anda hanya perlu meng-install dua program ini dan file ISO film hasil backup Anda sudah dapat langsung dimainkan.

Sekian dari saya,jangan lupa untuk berikan komentar ke posting ini,terimakasih anda telah berkunjung.

Komentar
0 komentar:

Tulis Komentar anda

Buku Tamu

Parse HTML


Copy - Paste Script atau Code yang hendak anda Parse,kemudian klik tombol Parse.

Recent Post

Recent Comment

Color Picker

 

Back to Top

selamat datang di NEO - Exzha | Programming | Photoshop | Windows Tutorial dan terimakasih atas kunjungannya | Semoga bermanfaat ilmunya | kunjungi juga Exzhadhian's Blog